Sunday, July 5, 2015

JJ Rizal tentang Bogor Masa Revolusi



Jj Rizal
 menambahkan 3 foto baru.

Buku baru @komunitasbambu Bogor Masa Revolusi 1945-1950: Sholeh Iskandar dan Batalyon O Siliwangi karya senior saya, Edi Sudarjat. Ia dulu seperti saya adalah mahasiswa sejarah di FSUI (kini FIB UI) dan terutama cemerlang dalam sejarah pergerakan nasional sampai revolusi Indonesia. Ia senior dari kelompok Islam yang kalau menulis mengingatkan saya pada alamarhum pak Deliar Noer. Sangat berwibawa karena kekuatan analisis dan datanya, tetapi menarik juga karena kang Edi, begitu saya memanggilnya, memiliki gaya narasi sastera. Sebagai mahasiswa ia termasuk yang banyak mendapat ruang menulis di Koran Republika pada masa-masa emasnya tahun 1990an yang melahirkan serta memanggungkan banyak intelektual Islam Indonesia.
Tahun lalu saya diundang dia untuk mengikuti presentasi risetnya tentang revolusi di Bogor yang di dalamnya memainkan peran penting intelektual tentara religius, Sholeh Iskandar. Seperti biasa selalu senang mendegarnya karena bukan saja berkisah, tetapi juga menunjukkan ekspresi total untuk memasuki dan memahami alam pikiran zaman bersiap serta perasaan tokoh-tokohnya bukan saja yang elit tetapi juga yang alit, sebut saja kisah laskar rakyat. Seperti biasa kekuatannya dalam data pustaka dan arsip diperkaya oleh wawancara yang luas yang menjadi basis sebuah sejarah lisan sebagai sumber yang memungkinkan suara dan kisah yang tidak tercatat bahkan dihapuskan tampil.
Alhasil buku bukan saja sapuan-sapuan besar tetapi juga petit histoire atau sejarah kecil berkelindan bersuara, bercerita sejarah. Apalagi dilengkapinya pula dengan sejumlah foto-foto dari arsip koran, majalah sezaman dan teristimewa foto koleksi pribadi orang-orang yang terlibat revolusi di Bogor itu. Sungguh buku kecil yang menggugah itu menggembirakan sekali bisa saya bantu penerbitannya, buku sejarah yang membacanya berasa mendapat pahala, kalo ga percaya silakan pesan ke pemasaran@komunitasbambu.com






No comments:

Post a Comment